Resep Bolu Kukus Kacang Hijau

Bahan-bahan:




  1. 200 gram kacang hijau (rendam semalam, rebus hingga matang, haluskan)

  2. 150 gram gula pasir

  3. 5 butir telur ayam

  4. 100 gram tepung terigu

  5. 1 sdt baking powder

  6. 1/2 sdt garam

  7. 100 ml minyak sayur

  8. 1 sdt vanilla extract

  9. Daun pandan secukupnya (optional)



Cara membuat:



Pertama-tama, siapkan loyang berukuran 20x20 cm dan oleskan mentega tipis-tipis. Kemudian, panaskan kukusan dengan api sedang.


Selanjutnya, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan garam sambil diayak. Aduk rata.


Tambahkan kacang hijau halus, minyak sayur, dan vanilla extract. Aduk rata kembali hingga tercampur sempurna.


Jika suka, bisa menambahkan daun pandan yang telah dipotong-potong ke dalam adonan untuk memberikan aroma yang harum.


Setelah adonan tercampur rata, tuangkan ke dalam loyang yang telah dipersiapkan. Jangan terlalu penuh karena adonan akan mengembang saat dikukus. Ratakan permukaan adonan dengan sendok atau spatula.


Kemudian, kukus adonan selama sekitar 30-40 menit atau hingga matang. Untuk mengecek kematangan, tusuk bagian tengah bolu dengan tusuk gigi. Jika tidak ada adonan yang lengket di tusuk gigi, berarti bolu sudah matang.


Setelah matang, angkat bolu dari kukusan dan biarkan dingin sebentar sebelum dipotong-potong dan disajikan.



Informasi Nutrisi:



Resep bolu kukus kacang hijau ini mengandung protein dari telur ayam dan kacang hijau yang baik untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Namun, karena mengandung gula pasir yang cukup banyak, sebaiknya dikonsumsi dengan bijak.


Setiap sajian bolu kukus kacang hijau ini mengandung sekitar 180 kalori dengan 7 gram lemak, 25 gram karbohidrat, dan 4 gram protein.


Jangan lupa untuk mencoba resep bolu kukus kacang hijau ini di rumah dan nikmati sensasi rasa yang manis dan lezat dari kacang hijau dalam bentuk bolu yang lembut dan menggoda!


close